Sunday, September 26, 2010

Trik Menyembunyikan Folder Tanpa Bantuan Software


Sebenarnya, saat ini sudah banyak software yang bisa mengunci folder atau file dengan menggunakan password tertentu yang pasti sih aman (yah selama password-nya ga ketahuan  ).
Tapi berapa banyak freeware yang bisa ngasih fitur folder lock yang bagus?
hmm, saya iseng-iseng nyari di website download freeware banyak diantaranya yang harus bayar tuk menggunakan full version-nya (omg… I hate that  ).
Yah, klo pun ada freeware yang bagus, tetap aja kan kita butuh biaya dan waktu, klo komputer di rumah kamu online terus sih mending maksudnya ga perlu capek-capek ke warnet dulu, yah walaupun sama-sama bayar sih.



Sebenarnya sih gampang klo mau nge-lock folder tinggal pake aja “Folder Locker”, masukin password-nya, beres deh. Hmm, tapi itu mah cara biasa, hampir semua orang juga tau. Masalahnya, banyak orang “pinter” loh yang bisa dapetin password folder kamu…(Eitss..caranya tidak dibahas di sini :) ) Nah, mo tau donk gimana sih caranya nge-lock folder tanpa batuan menggunakan software? Ok, deh…langsung aja nih, misalnya kita punya folder yang namanya “AAA” (disamarkan :P ) dan di dalamnya ada file bernama “XXX” (disamarkan lagi). Berikut adalah langkah-langkahnya:

*Rename folder “AAA” di atas tambahkan “.{00EEBF57-477D-4084-9921-7AB3C2C9459D}” (tanpa tanda   kutip) dibelakang nama “AAA”, hasilnya seperti ini:
*Nah, sekarang coba buka folder tersebut (yang telah di-rename sebelumnya). Gimana? ga bisa dibuka kan? (klo masih bisa coba restart explorer kamu deh)
*Berhasil deh, nah untuk ngebukanya lagi gampang. rename aja lagi folder yang telah diubah sebelumnya seperti semula yaitu “AAA”, gampang kan? :)
*Nah, untuk tambahan proteksi kamu mungkin mau membuat folder tersebut hidden (disembunyikan oleh explorer), kamu tinggal klik kanan di folder tersebut, lalu pilih “properties” dan beri tanda checklist dibagian hidden.

Halaman sebelumnya..
Halaman Selanjutnya..

No comments:

Post a Comment